MENSTRUASI ALIAS HAIDL

Posted on

Hah..apaan ne merah-merah di CD gue???

Menstruasi tu sebenarnya sehat nggak sih???

Bingund dahgimana se cara mastiin kalo menstruasi kita udahan kelar???

Mandi abiz menstruasi muncul niatnya yach??? Malu w nanya-nanya ma guru ngaji w

Kalo menstruasi ngganti sholat yang ditinggalkan nggak sih???

Dooooorbengong karena pertanyaan-pertanyaan di atas belum kejawab yach???

kawandQ sayaaaank.nggak usah maluuu..tahu about menstruasi itu maupun ilmu lhoilmu krusial malah, apalagi buat cewek.wajib tahu tuch, cowok maupun kudu tahu..ntar kalo ditanyain ma istri ato anak perempuannnya truz nggak bisa ngejawab tengsin dwonkz.hihihi

ne aq share sedikit ilmu yang aku dapet berasal pesantren aq.

APAAN SIH MENSTRUASI???

Menstruasi merupakan kodrat wanita yang tak dapat dihindari, & sangat erat kaitannya bersama ibadah seorang muslimah.

Menurut bahasa yaitu mengalir.

Menurut syariah darah yang keluar berasal alat kelamin wanita yang telah mencapai usia minimal 9 tahun kurang 16 hari kurang sedikit ( Qomariyah/hijriah) / usia 8 tahun 11 bulan 14 hari lebih sedikit(Syamsiyah/Masehi) & keluar secacra alami bukan disebabkan melahirkan atau penyakit pada rahim.

So.kalo adek qt ngeluari darah, liat dulu berapa umurnya n muncul sebabnya nggak. Jangan-jangan karena kepentok sepeda. Xixixiixi

KOQ MENSTRUASINYA LAMA BANGET YA,,,AMPE 13 HARI. NORMAL NGGAK SIH???

Normal sayaank..menstruasi itu paling usang 15 hari 15 malam, paling sedikit 1 hari 1 malam and homogen-homogen orang 1 minggu. Kalo masih 13 hari ya masih wajaaar, kalo lebih berasal 15 hari itu namanya darah sakit atau dalam bahasa syariahnya istihadloh. Kalau kawand keluar darahnya sampe lebih 15 hari berarti udah boleh sholat & melakukan ibadah yang lainnya misalnya baca Quran dll ( walaupun darah masih keluar), tapi di hari ke 15 nya mandi dulu (walaupun darah masih keluar). Ntar kalo udah berhenti ya udah, nggak usah mandi lagi. Makanya kawand, kita kudu punya catetan khusus buat nyatet tanggal berapa menstruasinya, jam berapa menstruasinya, kapan berhenti menstruasinya.

Koq begitu??? Ya emang begitu aturan syariat kepercayaan kita. Pasti muncul pesan tersirat di kembaliitu seluruh.

Contoh ne kawand :

Keluar darah = selasa, 28 mei jam 04 sore

Darah keluar terus sampe 15 hari ( tanggal 13 juni jam o4 sore), nah..walaupun darah masih keluar tapi karena udah 15 hari kawand wajib mandi besar, truz sholat dll. Statusnya kawand sama misalnya wanita yang tak haidl. Nanti misalnya pas tanggal 15 juni koq udah nggak keluar darah lagi, kawand nggak usah mandi lagi.

GIMANA NIATNYA MANDI BESAR/ MANDI SESUDAH HAIDL??/

Niatnya merupakan saya niat mandi buat menghilangkan hadast menstruasi wajib karena Allah taala, atau saya niat mandi untukmenghilangkan hadast besar wajib karena Allah Taala. Niatnya di dalam hati lho ya, bareng waktu membasuh badan kita yang pertama, pake bahasa Indonesia / jawa/ sunda berdasarkan bahasa kawand nggak apa2.Melafalkan niat (membaca bersama keras)waktu maumandi pake bahasa arab misalnya di bawah ini merupakan sunnah:

Nawaitul Ghusla Lirofil Hadatsil akbari Fardlol lillahi Taala.

Seluruh badan kudu terbasuh bersama air lho ya..ingat jongkok maupun waktu mandi, supaya bagian vagina atau anus yang umumnya keliatan waktu kita buang hajat maupun terbasuh, karena bagian ini maupun termasuk bagian yang wajib dibasuh.

Kawand yang berat badannya lumayan berat ingat lipatan-lipatan tubuh misalnya siku, lutut dll maupun wajib diperhatikan.

KALO MEN STRUASI KUDU NGGANTI SHOLAT NGGAK SIHH???

NGGAK dwonkz sayaaaaaank.itukan bentuk kasih sayank Allah yang dikhususkan buat kaum hawa. KECUALIkalo datangnya menstruasi waktu waktu sholat & kawand belum sholat. Itu yang wajib diganti atau bahasa syarinya diqodlo.

Misalkan ni:

Udah jam 04, kawand belum sholat, lagi mau sholat eeeeeeemalah menstruasi, nah, kawand wajib membarui / mengqodlo sholat ashar tersebuut waktu udah suci nanti. Lha wong asarnya berasal jam 03 koq jam 04 belum sholat, itukan salah kawand sendiri.

Misalkan lagi

Waktu asarnya jam 03.00, pas jam 03 kurang( sebelum jam 03)menstruasi tiba and udah sholat dzuhur, kalo kasusnya misalnya ini berarti nggak muncul sholat yang wajib diganti.

Intinya : kalo datengnya menstruasi waktu masuk waktu sholat tapi kawand beluman solat, maka kawand wajib membarui sholat yang belum kawand dirikan itu.

GIMANA NGLIAT KITA UDAHAN KELAR BELON MENSTRUASINYA?

Yang perlu kawand ketahui dulu merupakan macam-macam warna darah menstruasi. Warna darah menstruasi itu muncul kuning, coklat, merah, hitam,& keruh. Kalo detik-detik selesei menstruasi koq terdapat warna kuning berarti kawand belum bener-bener bersih. Untuk memastikannya ambil satu helai kapas putih kemudian tempelkan pada liang vagina. Kalo udah nggak muncul bercak apa-apa lagi berarti udah bener-bener bersih. Ini merupakan cara yang paling akurat kawand, soalnya umumnya di CD qt udah nggak muncul bercak apa-apa tapi waktu qt liat bersama kapas terdapat kuning-kuning.

Biasanya maupun ditandai bersama keluarnya cairan berwarna putih.

NAH KAITANNYA DENGAN SHOLAT KETIKA BARU SELESAI MENSTRUASI

andai celoteh berhentinya menstruasi waktu waktu sholat yang bisa di jamak ( Dzuhur, bersama Ashar, isya bersama maghrib) maka:

1.Jika berhenti Dzuhur : maka hanya sholat dzuhur saja

2.Jika berhenti waktu ashar: maka solat ashar dulu kemudian sholat dzuhur maupun ( niatnya qodlo)

tiga.Jika berhentinya waktu Maghrib maka sholat maghrib ajha

4.Jika berhentinya waktu Isya: maka solat Isya dulu kemudian sholat maghrib ( niatnya qodlo)

Intinya : di nomer 2 & 4.

Contoh ne :

1. Menstrusi jam 04.00 sore+belum sholat ashar.

Berhentinya jam 08.00 pagi

*sholat yang wajib diganti hanya sholat ashar ajha.

2. Menstruasi jam o4.00 sore+belum sholat ashar

Berhentinya jam 04.00 sore

*sholat yang wajib didirikan: sholat ashar niat qodlo ( waktu datangnya menstruasi), sholat dzuhur niat qodlo+sholat ashar niat sholat kini.( karena berhentinya waktu ashar)

tiga. Menstruasi jam 07.00 pagi

Berhenti jam 08.00 pagi

Tidak muncul sholat yang wajib diqodlo

Alhamdulillah.

Udahan dulu yachntar aq share lagi tentang femaleinsyaAllah.

Kalo mau nanya-nanya silakannnn..kalo aq bisa insyaAllah dijawab.

Dadah.assalamualailkum kawand.

Hielwa Kaunain, 14 jan 2012. In small room at Cileduggggggg

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *